Friday, March 9, 2012

Cara Menyusui Bayi yang Baik dan Benar.

Ternyata menyusui tidaklah semudah yang dilihat, apa lagi untuk anda yang baru saja memiliki bayi. Jika cara menyusui anda tidak benar, maka akan mempengaruhi kenyamanan dan keinginan bayi untuk minum ASI.

Agar bayi anda merasa nyaman saat menyusui, berikut ini 10 hal penting yang harus anda ketahui saat menyusui:

1. Sebelum anda menyusui, sebaiknya anda meluangkan untuk memijat payudara anda, agar aliran susu menjadi lancar.

Caranya mudah, gunakan cari telunjuk, jari tengah dan manis anda, untuk memijat. Pijat dengan gerakan melingkar dari pangkal payudara hingga ke puting.

2. Posisi saat menyusui sangatlah penting, posisi anda dan bayi harus nyaman, setiap ibu menyusui mempunya posisi nyaman yg berbeda-beda. Silahkan mencari posisi nyaman anda. Sementara posisi bayi sebaiknya, kepala, dada, dan lutut bayi anda menghadap kepada anda. Dekaplah tubuhnya, dan letakkan mulut bayi tepat dihadapan puting, dan pipinya menempal pada payudara.

3. Secara perlahan tarik bibir bawah bayi anda agar mulutnya terbuka dengan lebar , dengan posisi lidah diayas gusi bawah. Lakukan secara perlahan yaaa bunda ;-)

4. Jika mulut bayi dalam posisi tertutup pada saat akan mengisap, letakkan jari anda di dagunya lalu tarik kebawah secara perlahan. Setelah mulutnya terbuka, segera arahkankan ke payudarabanda.

5. Anda perlu memperhatikan Posisi hidung bayi agar tidak menempel pada payudara karena hal ini akan mengganggu peenafasannya dan berakibat fatal. Pada bulan-bulan pertama kelahirannya, sebaiknya jangan menyusui dalam posisi berbaring, apalagi bila sampai ketiduran saat menyusui.

6. Jika bayi anda ingin berhenti menyusui padahal baru saja ia menyusui, maka biarkan saja karena pola minumnya berbeda-beda antara satu dengan yg lainnya. Tapi bila menurut anda ia kurang minum, coba ubah posisi anda dan bayi anda.

7. Jika bayi sudah kenyang dan ingin berhenti mengisap, bantulah ia dengan melepaskan isapannya secara perlahan. Jangan menarik secara kasar, karena akan membuat puting anda iritasi. Untuk menjaga puting anda tidak iritasi, lakukan hal ini: Sesaat setelah bayi anda berhenti menyusui, keluarkan sedikit ASI anda, lalu oleskan dikepala puting. Setelah itu, biarkan mengering dengan sendirinya.

8. Susui bayi anda pada kedua payudara secara bergantian.

9. Setelah bayi anda menyusui, bantulah ia agar ber-sendawa. Caranya? Gendong bayi anda dengan posisi tegak lurus pada bahu anda dan gunakan tangan untuk menopang kepalanya, lalu tepuk2 dengan lembut punggungnya. Awalnya mungkin susah, namun bila anda sudah terbiasa melakukkannya akan menjadi mudah.

10. Selalu berkonsultasi dengan binda atau DSA anda. Berikan ASI esklusif 6 bulan dan lanjutkan hingga bayi anda berUsia 2 tahun. sumber

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Popular Posts

Recent Posts